Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow umunya terlihat dari stuktur perintah kode html yang Terdapat pada weblog atau sebuah online page.
Perlu diketahui link pada dasarnya terbagi kedalam dua bagian yaitu link Dofollow dan link Nofollow. Supaya lebih memahami penjelasannya, berikut penjelasan mengenai link Dofollow dan Nofollow.
Daftar Isi
Apa Itu Link Dofollow?
link Dofollow berasal dari kata “do” dan “follow” yang mempunyai arti “mengikuti”. Apabila terdapat sebuah link pada postingan artikel menuju ke situs lain dengan tipe link Dofollow, maka website yang memberikan Backlink Dofollow akan secara langsung mengikuti tautan hyperlink tersebut hingga ke akar-akarnya.
Jadi, ketika search engine seperti Google melakukan crawl (perayapan) pada postingan artikel yang di terapat link Dofollow. Maka, secara nantinya secara otomatis search engine juga akan melakukan crawl pada link tersebut, karena jenis link Dofollow akan melakukan proses crawl hingga sampai ke akar-akarnya, termasuk juga link internal Dofollow yang terdapat pada artikel tersebut.
Karena itu link Dofollow sangat sering dipakai oleh para blogger dan juga web yang mengandalkan SEO. KarenaHal ini untuk dapat mendongkrak posisi website menjadi berada di paling atas dari hasil pencarian search engine.
Apa itu link Nofollow?
Sedangkan link Nofollow berasal dari kata “no” dan juga “follow” yang artinya “tidak mengikuti”, secara tata bahasa sudah dipahami, ketika postingan sebuah artikel yang terdapat link Nofollow pada saat di crawl, maka pada saat itu juga link Nofollow tidak akan di index sama sekali oleh search engine.
Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui pengertian dan manfaat link Dofollow dan link Nofollow. Untuk lebih memahami terkait penerapan dan juga struktur kode penulisan yang membedakan antara keduanya sebagai berikut:
URL Tag Rel Link Dofollow dan Nofollow
Sebenarnya untuk struktur kode html link Dofollow sudah langsung otomatis Apabila memakai platform Blogger maupun WordPress keduanya sama, sehingga Anda tidak perlu mengatur sampai pada struktur html.
Contoh link Dofollow:
<a href=”url Anda” rel=”Dofollow”>Keterangan</a>
Contoh back link Nofollow:
<a href=”url Anda” rel=”Nofollow”>Keterangan</a>
Apabila Anda ingin menambahkan tautan pada artikel Anda yang mengarah ke web lain, maka usahakan untuk memberikan outbound berupa link dengan jenis link Nofollow. Karena online page Anda akan berpengaruh terhadap link tersebut.
Visibilitas Tautan link Terhadap Search Engine
Web Anda akan melalui pemeriksaan oleh search engine ketika Anda menerbitkannya di web supaya masuk indeks pencarian. Oleh karena itu, tautan link yang terdapat pada web akan masuk ke dalam indeks earch engine.
Perlu diketahui saat ini search engine akan merayapi dan juga memasukkan web Anda ke dalam indeks pencarian, search engine juga nantinya akan memeriksa relevansi dari link yang Kalian sertakan. jika Anda menyertakan link dofollow pada web, Maka search engine akan menampilkan link tersebut dan juga memastikan supaya alamat lamannya benar.
Sebaliknya, jika Terdapat link nofollow dalam situs, mesin pencarian makak tidak akan menampilkannya pada pencarian search engine. Search engine akan menandai link tersebut supaya tak muncul pada search engine ketika pembaca datang ke web tersebut.
Kekuatan link pada Search engine
Link dofollow memiliki nilai yang lebih di mata Search engine. Linktersebut nantinya akan dihitung dan juga diakumulasi dengan berbagai link dofollowlainnya. Dengan begitu,Nantinya link yang menjadi sebuah rujukan, Akan berpotensi berada dihalaman utama pada Search engine.
Akan tetapi, Apabila link tersebut merupakan link nofollow, maka Search engine tidak akan mencatatnya sebagai poin lebih. Walalupun tidak bernilai apa-apa pada Search engine, jenis dari link ini masih tetap bagus untuk dapat meningkatkan pengunjung suatu halaman website. Dimana Anda dapat memanfaatkannya untuk menambah pengunjung seperti share ke media sosial yang memang umumnya lebih kepada link nofollow.
Dari penjelasan di atas, kita dapat simpulkan, bahwa Dofollow merupakan link yang bernilai di mata Search engine seperti Google. Sementara itu, Link dengan jenis Nofollow tidak memiliki nilai sama sekali di mata Search engine seperti Google. Walaupun demikian, keduanya memang masih memiliki manfaat yang baik untuk sebuah website.
Sekian penjelasan mengenai Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow, Apabila ada yag ingin ditanyakan maka dapat menanyakan melalui kolom komentar dibawah